November 02, 2011

Contoh Resensi Novel

Ini salah satu contoh resensi yang pernah saya buat ...
Maaf kalau ada salah ...

Surat Cinta untuk Buku dan Budaya Membaca

Judul : Perpustakaan Ajaib Bibbi Bokken
Judul asli : Bibbi Bokkens magische Bibliothek
Tebal : 282 halaman
Karya : Jostein Gaarder dan Klaus Hagerup
Penerjemah : Ridwana Saleh
Penerbit : Mizan
Tahun : 2011

     Buku ini adalah salah satu buku terbaik mengenai buku dan budaya-baca yang ada saat ini, seperti yang dikatakan Oldenburgische Volkszeitung. Menceritakan dua anak muda, Nils dan Berit yang mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan fantasi yang begitu memukau. Dua anak muda yang sangat menyukai buku ini bertemu perempuan aneh yang ternyata membuat naluri detektif mereka tergelitik untuk menyelidiki siapa perempuan itu?. Perempuan itu atau sebut saja Bibbi, seorang incunabula (pecinta buku) yang mengatakan bahwa dirinya seorang bibliografer membelikan Nils sebuah buku-surat. Bibbi, perempuan misterius yang membelikan Nils buku-surat sekaligus mengilhami dua anak muda ini tema yang akan mereka tulis pada buku-surat. Mengungkap keberadaan Bibbi berhubungan dengan adanya PERPUSTAKAAN AJAIB! Bagaimana petualangan mereka mengungkap semua misteri yang ada? Satu hal yang pasti, tak ada petualangan yang mulus, tentu mereka menemui rintangan-rintangan yang sulit.
     Didalam buku ini, kalian akan membuka lebih lebar lagi sayap pengetahuan yang kalian miliki. Berbagai istilah baru yang mungkin beberapa dari kalian belum pernah mendengarnya. Ditambah lagi buku ini sangat kompleks yang di dalamnya berisi cerita detektif dan cerita misteri, hingga seorang penulis Astrid Lindgren, Anne Frank juga ada, terlebih buku yang sangat berkesan Klasifikasi Desimal Dewey, tak ketinggalan teori sastra, teori fiksi, teori menulis, sejarah buku, ilmu perpustakaan juga ada dan tak lupa diselingi dengan humor. Buku ini juga mengungkap fakta-fakta menarik yang mungkin belum pernah terpikir di otak kita akan hal-hal itu. Tapi sangat disayangkan, seperti layaknya novel terjemahan yang lain, beberapa kata dan kalimat yang ada sukar untuk dicerna. Terutama pada sajak-sajak yang ditampilkan dalam buku ini, acap kali membingungkan.
      Salah satu buku karya penulis terbaik berjudul “Dunia Sophie” ini akan mengantar kita ke dunia yang memancing rasa penasaran dan ingintahu yang besar bagi pembaca buku mania di seluruh dunia. 




Oleh : Ror4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan isi komentar untuk membangun blog saya jadi lebih baik lagi ...